You are here: Home Hot News Media Karton bekas Membuat Peserta didik Semakin Mudah Memahami Aplikasi Program Linear dalam Kehidupan sehari-hari dan Merumuskan nya dalam Model Matematika.

Media Karton bekas Membuat Peserta didik Semakin Mudah Memahami Aplikasi Program Linear dalam Kehidupan sehari-hari dan Merumuskan nya dalam Model Matematika.

Media Karton bekas Membuat Peserta didik Semakin Mudah Memahami Aplikasi Program Linear dalam Kehidupan sehari-hari dan Merumuskan nya dalam Model Matematika.

 

Sahabat SUKA ILMU,  kali ini kami akan menghadirkan cara enaktif untuk membantu peserta didik lebih mudah memahami dan menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan model matematika. Cara ini sangat efektif, ekonomis, dan aman bagi peserta didik. EFEKTIF karena secara nyata membantu memahamkan konsep program linear . EKONOMIS karena menggunakan media karton bekas hampir tanpa biaya. Dan AMAN karena karton bekas lebih bersahabat dengan peserta didik dan tidak berbahaya.

Peserta didik kelas XI TGB A  2014/2015 praktik media karton bekas

 

Jika Anda berminat mengetahui bagai mana mengunakan media karton bekas ini, berikut ini penjelasannya.

MENYIAPKAN MEDIA :

  1. Guru menyediakan karton bekas dengan warna lebih dari satu dan digunting menyerupai rumah-rumah kecil
  2. Guru menyiapkan minimal dua macam potongan kecil karton berbentuk persegi dibedakan dalam dua macam warna
  3. Guru menyiapkan kamera untuk mendokumentasi kerja peserta didik
  4. Guru menyiapkan lembar kerja peserta didik dan penilaian

Belajar seperti menyusun strategi bisnis properti

KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Persiapan media

  1. Peserta didik bergabung dengan kelompoknya (satu kelompok minimal 4 orang)
  2. Guru meminta masing-masing kelompok memberi nama kelompok dengan nama CV atau PT yang bergerak dibidang property.
  3. Guru membagi potongan karton berbentuk rumah  masing-masing kelompok mendapat 50 potongan karton berbentuk rumah yang terdiri dari dua macam warna (25 warna 1 dan 25 warna 2).
  1. Guru membagi potongan karton berbentuk persegi masing-masing kelompok mendapat 40 warna 1 dan 30 warna 2.
  1. Potongan karton berbentuk rumah dan persegi ditaruh dengan rapi di meja dengan dibedakan warnanya.

Kegiatan inti

  1. Guru menyampaikan sebuah masalah dan peserta didik diminta memecahkan bersama kelompoknya. Misalkan masalah sebuah perusahaan properti ingin membangun 2 tipe rumah, yaitu tipe 36 dan 45. Setelah dianalisis ternyata untuk rumah tipe 36 memerlukan bahan A sebanyak 1 satuan dan bahan B sebanyak 1 satuan, sedangkan untuk tipe 45 memerlukan bahan A sebanyak 2 satuan dan bahan B sebanyak 1 satuan. Namun perusahaan tersebut hanya memiliki persediaan bahan A sebanyak 40 satuan dan bahan B sebanyak 30 satuan. Keuntungan penjualan satu unit tipe 36 sebesar Rp. 30.000.000 dan tipe 45 sebesar Rp. 45.000.000. Jika banyaknya tipe 36 dinyatakan dengan x dan tipe 45 dengan y.  Tentukan berapa unit tipe 36 dan 45 yang harus dibangun agar mendapatkan keuntungan maksimal.
  2. Peserta didik bersama kelompoknya berdiskusi selama 15 menit
  3. Guru meminta kelompok yang sudah selesai mengerjakan mempresentasikan hasil diskusinya
  4. Bagi kelompok yang belum benar diminta mencari lagi. Jika sudah ada yang menemukan cara yang tepat maka guru merekam (video) langkah-langkah mengerjakannya.

Langkah yang tepat adalah :

  • Disepakati potongan karton di susun berdasarkan warna secara bersebrangan dengan asumsi tipe 36 dan tipe 45 secara bersebrangan.
  • Peserta didik menaruh bahan A dan bahan B berdasarkan kebutuhan masing-masing tipe
  • Kemudian peserta didik menghitung berapa unit tipe 36 dan tipe 45 yang dapat dibangun berdasarkan ketersediaan bahan A dan bahan B yang dimiliki perusahaan.
  • Peserta didik melalui perwakilan tiap kelompok mempersentasikan hasil diskusinya dan memberikan informasi berapa keuntungan yang mereka peroleh dan sisa bahan yang ada jika ada.
  1. Guru mengulang memberikan soal yang berbeda
  2. Langkah selanjutnya sama dengan langkah 2, 3, dan 4 di atas.
  3. Guru memberikan lembar kerja yang berisi pertanyaan berapa tipe 36 dan tipe 45 yang dibangun dan berapa banyak bahan A dan B yang digunakan serta sisa bahan yang tersisa, peserta didik menyelesaikan dengan media karton bekas bersama kelompoknya.
  4. Secara terpisah peserta didik mengerjakan secara mandiri LK selanjutnya, tentunya tetap dengan media karton bekas.

Kegiatan ini sangat mengasyikan. Tak terasa peserta didik  bermain seolah menjadi pengusaha juga belajar, belajar juga berdiskusi. Jika Anda tidak percaya bisa mencobanya, dan kami yakin Anda akan percaya setelah melihat hasilnya. Selamat mencoba

Tunggu tulisan selanjutnya …. Insyaallah

Add comment


Motivasi

Hati-hatilah terhadap orang yang teraniaya, karena doanya akan terangkat sampai ke langit - Muhammad Widodo

Gallery

  • 2.jpg
  • 3.jpg
  • 4.jpg
  • 6.jpg
  • 20140819_104713.jpg

Suka Ilmu Fanpage



Statistik

Akun Jejaring Sosial Suka Ilmu
Posted on May 1, 2012

 

 

 

 

Follow Suka Ilmu Like Suka Ilmu